9 Tips Membersihkan Peralatan Dapur Yang Wajib Anda Baca Supaya Dapur Jadi Bersih dan Selalu Terjaga dengan Baik

tips membersihkan peralatan dapur yang akan kita bahas di bawah ini sangat mudah diterapkan dan mungkin tidak pernah terpikir oleh Anda sebelumnya. Semua tips di bawah ini menggunakan bahan-bahan alami yang biasanya sudah tersedia di dapur atau di rumah Anda. Bahan yang digunakan seperti: lemon / lime, baking soda, koran, bekas sikat gigi, dll.

Kami percaya beberapa dari semua barang ini dapat membuat hidup dan pekerjaan Anda lebih mudah dan lebih praktis. Silahkan baca dan dipraktekkan dengan baik …

1.Cegah Meluapnya Kuah dari Panci dengan Sendok Kayu

Tempatkan sendok kayu panjang di tengah wajan untuk mencegah tumpahan yang meluap pada saat mendidih atau memanaskan dalam panci. Pegangan sendok bisa memecah konsentrasi mendidih sehingga uap bisa keluar. Tidak percaya? Silahkan coba sendiri 🙂

 

2.Menghilangkan Bau Dalam Kotak Makan

Sering kesal dengan bau di kotak makan siang jika dicuci terlambat? Cara menghilangkannya mudah saja. Berikut beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan.

Ambil garam – Bau di kotak plastik sering berasal dari sisa makanan yang bersembunyi di goresan plastik. Sikat kotak makan favorit Anda dengan garam untuk menghilangkan bekas makanan yang terperangkap dan tentu saja akan menghilangkan baunya.

Koran – Apakah kotak makan siangmu masih berbau? coba dengan korannya Peras beberapa koran dan celupkan dengan sedikit air. Masukkan koran ke dalam kotak, lalu tutup, dan tinggalkan selama beberapa hari. Bahan arang yang ada di kertas koran bisa menyerap bau.

Kopi – Kopi adalah salah satu pilihan cerdas dari bau. Untuk kotak kecil, cukup masukkan satu atau dua sendok makan biji kopi. Untuk kotak besar, gunakan 3-5 sendok makan biji kopi. Masukkan kopi ke dalam kotak, atau tupperware, tutup, lalu simpan selama beberapa hari. Kopi akan menyerap baunya.

 

3.Melepaskan noda pada kotak plastik

Jus tomat, kuah daging, bumbu minyak, atau makanan berwarna (yang pastinya sangat yummy ..) bisa menyebabkan noda pada kotak. Stainnya sulit dilepas, meski sudah sering menggosoknya.

Cobalah cara ini: Isi kotak plastik Anda dengan air hangat (sedikit lebih panas) lalu tambahkan 2-5 sendok teh (tergantung ukuran kotak plastik Anda) lemon. Biarkan terendam selama beberapa menit, lalu gosok ringan dengan spons. Asam pada lemon akan menguraikan noda makanan dengan mudah.

 

4.Membersihkan Kompor yang Penuh Lemak & Minyak

Membersihkan gagang kompor memang rumit. Ribetnya adalah karena terpapar minyak, lemak, dan rempah-rempah setelah dimasak sulit dikeluarkan. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Digosok? Tidak! Karena bisa merusak lapisan pelapisnya.

Gunakan amonia! Ambil sekitar 1/4 cangkir amonia dan isi dalam kantong plastik besar (ritsleting). Anda hanya butuh sedikit amonia daripada mencoba merendam kompor. Anda hanya ingin menutupinya dengan asap amoniak.

Tinggalkan malam Asap dari amonia membuat lemak dan minyak mengeras untuk larut. Keesokan harinya, bersih saja dengan spons.

 

5.Cara Cerdas untuk Bersihkan Microwave

Langkah 1: Isi 1/2 cangkir (microwave aman) dengan air.

Langkah 2: Peras satu jus lemon atau lemon ke dalam cangkir.

Langkah 3: Masukkan semangkuk air + jus lemon ke Microwave. Hidupkan microwave selama 3-5 menit. Kemudian diamkan selama 1-2 menit (dengan pintu mikro masih tertutup).

Langkah 4: Keluarkan mangkuk, lalu bersihkan microwave dengan kain – kotoran harus diangkat dengan mudah!

Langkah 5: Cuci kaca depan di microwave, setelah jaring dipasang kembali. Selesai!

 

6.Membersihkan Tempat Pencuci Piring

Wastafel seringkali merupakan tempat yang sangat kotor dan berminyak, dan bisa menjadi sumber bakteri dan kuman meski sudah dicuci dengan cairan pencuci piring. Untuk hasil maksimal gunakan cuka untuk membersihkan bak cuci agar bebas dari kotoran, minyak, lumut dan noda.

Caranya: Tuangkan beberapa tetes (terlalu banyak) cuka di permukaan bak cuci yang ingin Anda bersihkan. Gosok dengan busa kasar tanpa menggunakan sabun. Cuci bersih setelah itu, wastafel akan kembali bersih sepenuhnya dan bebas dari minyak.

 

7.Cara Cepat Mencuci Blender

Terkadang kita malas mencuci blender setelah membuat jus segar, biasanya kita rendam dengan air dan cuci di lain waktu. Ada cara cepat, praktis dan mudah untuk mencuci blender.

Caranya: Setelah blender digunakan, isi kembali blender dengan air dan beberapa tetes sabun cair atau sabun cuci piring, lalu letakkan blender di motor lagi. Hidupkan blender selama sekitar 30 detik, dan bilas untuk hasil akhir. Blender Anda kembali bersih.

 

8.Membersihkan Tempat Sampah di Dapur

Sampah dapur adalah hal yang sangat kotor, penuh kuman dan bakteri. Meskipun kami telah memasangnya dengan plastik tapi terkadang plastik yang kami pasang di tempat pembuangan sampah adalah lubang karena menusuk benda-benda di dalamnya (seperti duri ikan, tusuk sate dll) dan meninggalkan sisa makanan kotor atau kotoran dan menetap di dasar tempat sampah. . Membersihkan tempat sampah tidak begitu sulit, dengan menggunakan baking soda.

Caranya: Tuangkan baking soda ke tempat sampah atau di atas sikat untuk membersihkannya. Gosok dan sikat bekas sampah, bisa diulang pakai sabun untuk hasil maksimal.

 

9.Tips Membersihkan Bagian Bawah Wajan dan Panci

Bagian bawah panci dan wajan seringkali sulit dibersihkan, terutama panci yang sering meninggalkan sisa-sisa minyak sehingga kerak dan sulit dibersihkan dengan spons atau mesin pencuci piring. Ada cara mudah untuk membersihkan wajan dan wajan.

Caranya: Pakai sikat gigi bekas lalu tuangkan beberapa tetes cairan pencuci piring lalu sikat, bilas sampai bersih.

Nah, sekian dulu tips dari kami, semoga bisa membantu Anda dalam merapikan dan membersihkan dapur dengan cepat dan praktis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *